4 Tips Untuk Menyelesaikan Masalah

Kehidupan di dunia tidak pernah luput dari masalah dan cobaan, bahkan ada istilah yang mengatakan bahwa tak akan indah sebuah kehidupan dengan jalan yang mulus, hidup yang idah penuh tantangan dan cobaan.

Masalah yang melanda kehidupan kita sangatlah kompleks, mulai dari masalah keluarga, financial, teman, pekerjaan dan sebagainya. Bahkan kadang kalah masalah yang murit mengantarkan kita ketahap yang dilarang ALLAH yaitu putus asa.

Namu terkadang diantar kita sebagai manusia, kita lupa bahwa masalah dan kesulitan yang sedang kita hadapi datangnya dari ALLAH, hal tersebut juga merupakan sebuah ujian untuk kita agar kita lebih mendekatkan diri kepada ALLAH Sang Maha Pencipta.

Dalam menghadapi sebuah masalah tentu saja kita memerluka sebuah proses untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ada beberapa proses yang harus kita lakukan saat kita menghadapi masalah yaitu :

Membersihkan Hati Dan Berdoa
Bukalah hati dengan niat yang lurus. Masalah yang kita hadapi bersumber dari ALLAH yang maha mengatur kehidupan kita. ALLAH memberikan masalah sebagai penguji keimanan kita sebagai hambanya, sebagaimana firman ALLAH dalam surat Al Baqarah ayat 214 yang artinya:

“Apakah kalian mengira bahwa kalian akan masuk surga, padahal belum datang kepada kalian (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kalian? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan). Sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesunggunhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” [Q.S. Al Baqarah: 214]

Pertolongan yang sesungguhnya hanya datang dari ALLAH, maka curhatlah kepada ALLAH. Dalam doa kita ceritakanlah dan mintalah pertolongan hanya kepada ALLAH. Berdoalah dengan hati yang khusu’k dan penuh kerendahan hati, niscaya ALLAH akan mengabulkan doa kita.

Ikhtiar
Doa tampa ikhiar adalah bohong, ihktiar tanpa doa adalah sombong. Ikhtiar yang dimaksud disini adalah mengerjakan sesuatu atau menyelesaikan masalah kita dengan sungguh sungguh. Dalam berikhtiar ingatlah kepada ALLAH, karena sesungguhnya ALLAH lah yang mengatur kita dalam menjalankan sesuatu. Ikhtiar juga bisa lebih mendekatkan diri  kita kepada ALLAH, lelah, capek akan menyadarkan kita betapa lemahnya kita tanpa pertolongan dari Sang Maha Pencipta.

Sabar
Kesabaran juga merupakan salah satu kunci untuk menyelesaikan sebuah masalah. Sabar tidak mengenal tempat dan waktu dan sabar juga bisa dibarengi dengan proses tindakan untuk penyelesaian masalah yang sedang kita hadapi. Sabar merupakan pemicu untuk kita terus berikhtiar, dengan sabar tindakan yang kita lakukan dalam menyelesaikan msalah akan lebih bermakna.

Tawakkal
Setelah melalui beragam proses yang kita lakukan guna menyelesaikan masalah yang kita hadapi, maka bertawakkal lah, serahkan semua keputusan yang terbaik kepada ALLAH. Tawakkal juga merupakan bentuk penyandaran hati hanya kepda ALLAH, mempercayai bahwa yang ALLAH berikan adalah yang terbaik untuk kita.  

Comments

Popular posts from this blog

5 Makhluk ALLAH Yang Ada Di Dunia Tampa Induk (Ayah/Ibu)

Setelah ALLAH Tenggelamkan Seisi Dunia, Inilah Penduduk Pertama Kota Mekkah

WASPADA!! Pencuri Di Bulan Ramadhan