Waktu Terjadinya Lailatul Qadar, Kelebihan Dan Ciri Cirinya

Ada beberapa  malam yang diistimewakan dalam agama Islam, salah satunya adalah malam Lailatul Qadar. Malam laulaitul qadar adalah sebuah malam diantara malam-malam dalam bulan Ramadhan, namu malam tersebut merupakan sebuah rahasia yang tidak ada yang tau kapan pastinya Lailatul Qadar terjadi.


sumber gambar dream.com

Dinamakan Lailatur Qadar karena ALLAH S.W.T pada malam tersebut menetapkan semua qadar segala sesuatu baik rezeki, musibah, sakit, hujan, angin dan sebaginya hingga tahun depan dan diserahkan kepada empat Malaikat yaitu Jibril, Mikail, Israfil, dan ‘izrail. ALLAH menentukan hal hal tersebut di dalam dunia dan kepada hamba hambaNya.

Seperti firman ALLAH dalam Al Quran yang artinya
“Pada malam itu dijelaskan segala macam urusan yang diputuskan.” (Ad-Dukhaan 4)

Penyataan diatas dapat diartikan bahwa pada malam tersebut ALLAH memperlihatkan kepada malikat dan memerintahkan apa saja yang menjadi tugas malikaikat hingga tahun depan. Bukan berarti ALLAH S.W.T baru mentapkan qadar kepada hambanya pada malam tersebut, karena ALLAH telah menetapkan semua qadar sebelum menciptakan langit dan bumi dalam Azal.

Kelebihan malam Lailatul Qadar
Banyak sekali kelebihan dari malam yang penuh berkah ini, ALLAH menjadikan malam tersebut menjadi malam yang teramat sangat istimewa kepada ummat Nabi Muhammad S.A.W. Namun inilah diantara banyak kelebihannya ALLAH terangkan dalam Surat Al Qadr  :

1.       Malam yang lebih baik dari 1000 bulan
“malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan” (Q.S Al Qadr : 3)

2.       Turun malaikat ke dunia
“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan” (Q.S AL Qadr : 4)

3.       Kesejahteraan hingga terbit fajar
“Malam itu (penuh) kesejahtraan sampai terbit fajar” (Q.S AL Qadr : 5)

Waktu Terjadinya Lailatul Qadar
Banyak perbedaan pendapat dalam menyakini malam Lailatul Qadar, sebagian ulama berpendapat malam lailatul Qadar terjadi pada malam pertama bulan Ramadhan. Yang lain menyatakan bahwa Lailatul Qadar terjadi pada malam ke 17 Ramadhan. Sebagian ulama yang lain menyakini bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada salah satu malam dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Kemudian banyak para ulama yang berpendapat malam Lailatul Qadar terjadi pada malam 27 Ramadhan.

Tanda tanda Lailatul Qadar
MAlam lailatul Qadar mempunya tanda tanda antara lain pada malam tersebut suasana tampak hening, tidak ada suara riuh pada malam tersebut, udaranya pun tidak terlalu panas namun tidak juga terlalu dingin. Keesokan harinya, matahari bersinar bersinar putih. 

Comments

Popular posts from this blog

5 Makhluk ALLAH Yang Ada Di Dunia Tampa Induk (Ayah/Ibu)

Setelah ALLAH Tenggelamkan Seisi Dunia, Inilah Penduduk Pertama Kota Mekkah