Memberi Berarti Mengurangi, Lalu Untuk Apa Bersedekah?

Sedekah digolongkan kedalam suatu ibadah yang berat, karena memeberikan sesuatu yang kita miliki kepada orang lain dengan tulus ikhlas tampa mengharap balasan dari orang tersebut memerlukan suatu kekuatan hati yang mantap. Tidak sembarangan orang bisa melaksanakan hal tersebut secara sempurna.

Secara teori, berbagi memiliki arti mengurangi sesuatu yang kita miliki kepada yang lain. Secara otomatis yang kita punya akan berkurang, lantas apa mengapa kita harus berbagi? Banyak hal yang kita dapatkan dari bersedekah, tidak cuma berdasarkan teori, sedekah memiliki beragam manfaat yang bisa kita dapatkan secara langsung dalam kehidupan dunia, apa lagi kelak saat kita menghadap Sang Kuasa.
sumber gambar anneahira.com

Allah memberikan beragam manfaat dari harta yang kita bagikan dengan orang yang membutuhkan, berikut adalah beberapa manfaat dari sedekah yang kita keluarkan

1.       Jauh dari bala dan mara bahaya
Kegalauan hati, masalah, bala dan beragam kesulitan adalah warna dari kehidupan, tidak ada satupun manusia yang hidup di dunia yang terlepas dari hal tersebut. Namun ALLAH memberikan sebuah sarana untuk dapat menjauhkan dan mengurangi hal tersebut.

Rasulullah S.A.W bersabda:

"Jika seseorang ingin dihalangi dari kesulitannya, diringankan bebannya, ditolong atas semua permasalahannya, dia harus membantu mereka yang lebih susah, lebih menderita, lebih bermasalah. Dan bersedekah merupakan upaya terbaik untuk membantu orang lain"

Sabda Rasulullah S.A.W yang artinya :

"Bersegeralah bersedekah. Sebab, musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah"

2.       Harta sedekah akan selalu berkembang
Setiap rupiah yang kita bagikan semuanya tidaklah luput dari pengawasan ALLAH S.W.T . Harta dari sedekah yang kita berikan akan terus berkembang, walaupun yang kita berikan hanya sedikit, namun dengan penuh ketulusan tanpa mengharapkan pujian atau sanjungan dari orang yang kita beri.

ALLAH berfiman dalam Al Quran yang artinya :

"ALLAH menghapus riba yakni menghilangkan berkahnya dan merusak harta yang dimasuki riba serta tidak menerima kebaikan dari harta itu. "Dan menyuburkan segala macam sedekah" yakni menambahnya dan memberkatinya di dunia dan melipat gandakan pahalanya di akhirat kelak. (Q.S Al Baqarah : 276)

3.       Merasa lapang dalam hidup
Kebahagiaan dan kelapangan hidup bisa kita dapatkan dari bersedekah, Nabi S.A.W menggambarkan orang yang gemar bersedekah dengan orang yang kikir. Rasulullah bersabda:

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari)


Dan masih banyak lagi manfaat manfaat yang bisa kita dapatkan dari bersedekah. Teori yang menyatakan member berarti mengurangi tidak berlaku dalam bersedekah, asalkan kita lakukan dengan hati yang tulus ikhlas semata haya mengharap ridha ALLAH S.W.T

Comments

Popular posts from this blog

5 Makhluk ALLAH Yang Ada Di Dunia Tampa Induk (Ayah/Ibu)

Setelah ALLAH Tenggelamkan Seisi Dunia, Inilah Penduduk Pertama Kota Mekkah

WASPADA!! Pencuri Di Bulan Ramadhan