7 tempat wisata terbaik indonesia

Idonesia kaya akan keindahan aIndonesia m yang terbentang dari ujung timur ke barat, beragam tempat wisata budaya menjadikan Indonesia memiliki nilai keunikan tersendiri. Tak perlu jauh jauh keluar negeri untuk berlibur, Indonesia juga menyimpan banyak sekali tempat wisata yang indah yang cocok untuk mengisi waktu liburan kamu. Inilah tujuh tempat wisata terbaik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi.

Raja Ampat
(sumber gambar :indonesia.travel)

Raja Ampat merupakan salah satu tempat wisata alam dan bawah laut terbaik di Indonesia. Terletak di timur Indonesia, raja ampat banyak di kunjungi turis lokal dan mancanegara karena keindalah alamnya. Raja Ampat merupakan gugusan empat pulau yang berlokasi di papua tepatnya di barat kepala burung pulau papua yang berada dalam kabupaten Raja Ampat.


Kepopuleran raja ampat juga didokumentasikan dalam sebuah film dokumenter besutan Avant Premiere yang berjudul Edis Paradise 3. Film tersebut menceritakan keindahan bawah laut Raja Ampat yang juga memiliki julukan kawasan Amazon laut dunia.

Raja Ampat menjadi destinasi utama dunia bagi para pecinta keindahan bawah laut, terdapat lebih dari 540 jenis karang atau 75% dari total jenis karang dunia dengan  lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska yang akan memanjakan mata para penyelam. Dan ini merupakan satu satunya tempat di dunia yang memiliki jenis karang terbanyak dalam area seluas itu.

Untuk menuju ke Raja Ampat bisa ditempuh dengan menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Sorong menuju Waisai yang memakan waktu sekitar 2 jam. Sesampainya di Waisai perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan mobil menuju penginapan penginapan yang tersedia, dan disini juga kita bisa memilih penginapan penginapan mulai dari homestay sampai dengan resort mewah.

Bali
(suber gambar : sarinandehotel.com)

Pulau bali menjadi objek wisata indonesia yang sangat populer di mata dunia. Beragam keindahan alam yang terdapat di bali yang menjadi daya tarik para wisatawan. Tak diragukan lagi, hamparan garis pantai, pegunungan, dan persawahan menjadi warna tersendiri yang layak untuk di kunjungi.


Bagi turis mancanegara, Bali sangat terkenal akan keindahannya, tak sedikit para wisatawan mancanegara tersebut mengenal indonesia dari Bali. Ada beragam tempat yang bisa di kunjungi di saat berwisata ke Bali seperti pantai kute dengan keindahan matahari terbenam, Ubut dengan tempat wisata alam yang menawarkan suasana pedesaan, Tanah Lot, Bedegul, dan masih banyak lagi tempat tempat dengan keidahannya tersendiri.

Bunaken
(sumber gambar : initempatwisata.com)

Bunaken juga merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia. Wisata yang terletak di Manado ini menyajikan keindahan bawah laut yang sangat indah. Ada 20 titik penyelaman (spot diving)  yang terdapat di taman laut Bunaken ini dengan kedalaman yang bervariasi dan 12 titik diantaranya terletak di sekitar pulau Bunaken yang juga merupakan spot diving yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan pencinta alam bawah laut.


Di daerah inil terdapat underwater great walls atau juga disebut hanging walls yang merupakan dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang tersebut juga menjadi sumber makanan bagi sebahagian ikan ikan di perairan Pulau Bunaken.

Akses transportasi ke bunaken  juga sangatlah mudah. Bandara Sam Ratulangi yang melayani penerbangan keluar negeri memudahkan para wisatawan mancanegara bisa berkunjung langsung ke Manado. Dan dari Manado menuju kepulauan Bunaken bisa di tempuh dengan perjalanan laut yang memakan waktu sekitar 30 menit.
Untuk penginapan, kita bisa memilih hotel di kota Manado atau bisa juga menginap di home stay yang tersedia di sepanjang pantai Bunaken dengan harga yang bervariasi.

Gunung Bromo
(sumber gambar : rentalsewamobilmalangbatu.com)

Wisata alam yang terdapat di Jawa Tengah ini menawarkan keindahan alam  pegunungan yang indah. Di lokasi ini kita akan pesona keindahan matahari terbit dari atas pegunungan. Keindahan ini banyak di abadikan para wisatawan sebagai moment indahnya. Dari arah luar penanjakan kita juga bisa melihat gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari kejauhan. Layaknya berada di negeri di atas awan, pesona gunung dengan ketinggian 7.641 ft diatas permukaan laut ini memberikan warna tersendiri.


Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah besar dengan diameter ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Untuk mencapai kawah Bromo, kita harus menempuh perjalanan sekitar 2 km dari tempat parkir jeep dan kemudian menaiki 250 anak tangga untuk mencapai puncak gunung tersebut.

Selain kawah dan pemandangan matahari terbit yang mempesona, di tempat wisata ini kita dapat menikmati sebuah bukit yang indah. Bukit yang merupakan padang savannah dan dikelilingi oleh perbukitan ini biasa disebut bukit teletubies. Dan di Bromo ini juga terdapat sebuah hamparan pasir yang luas. Lautan pasir hitam ini juga pernah di gunakan dalam syuting film pasir berbisik garapan sutradara Nan Achnas. 

Wakatobi
(sumber gambar : wakatobi.com)

Selain Raja Ampat dan Bunaken, Wakatobi juga merupakan salah satu objek wisata bawah laut Indonesia yang sudah mendunia. Terletak di Sulawisi Tenggara, Taman Nasiona yang di tetapkan sejak tahun 2002 ini menyimpan berbagai keaneka ragaman hayati laut dengan total area 1,39 juta ha. Pemandangan bawah laut Wakatobi sangat indah dengan 25 gugusan terumbu karangyang terletak pada 25 titik di sempanjang 600 km garis pantai. 

Wakatobi merupakan singkatan dari nama empat pulau yaitu Wangiwangi(Wanci), Kaledupa, Tomia, dan Binongko.obek wisata Wakatobi ini merupakan anddalan pariwisata kabupaten Wakatobi, Sulawisi Utara. Untuk menuju ke Wakatobi, kita bisa menggunakan kenderaan menuju ibukota Provinsi Sulawisi Tenggara. dari kota Kendari ini perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan transportasi laut menuju pulau Wangiwangi yang merupakan gerbang utama menuju Wakatobi. Selain itu penerbangan dari Makasar menuju bandara Mataharo Wangiwangi menjadi alternatif untuk kesana. Untuk masalah penginapan, di Wakatbi banyak terdapat hotel dan resort, bahkan rumah pendudukpun banyak yang disewakan.

Sabang
(sumber gambar : bisnisaceh.com)

Beralih ke pulau paling barat Indonesia, Sabang juga memilki objek wisata bawah laut yang menakjubkan. Suasana pantai yang eksotis menjadikan objek wisata ini banyak digemari oleh para wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Berkunjung ke Sabang tak lengkap kiranya kalau kita tidak berkunjung ke tugu nol kilometer. Tugu ini menjadi titik awal perhitungan kilometer indonesia. Pemandangan dari atas perbukitan menawarkan pemandangan laut yang indah ke arah samudra Hindia. Tugu kilometer nol ini juga menjadi penanda geografis titik paling barat daratan Indonesia.

Selain tugu kilometer nol, Sabang juga menawarkan wisata pantainya. Pantai Iboih merupakan sebuah pantai dengan nuansa alami yang merupakan tujuan utama para wisatawan. Di daerah ini terdapat dua pantai yang berbeda yaitu pantai Teupi Layue dan pantai Teupin Sirkui. Pantai Teupin Layeun merupakan pantai dengan keindahan pasir putih nya sedangkan Teupin Sirkui merupakan pantai berkarang.

Di sekitaran pantai Iboih ini, keindahan bawah lautnya menjadi pemandangan yang indah dengan beragam terumbu karang dan jenis ikan. Keindahan bawah laut ini banyak diminati oleh pencinta snorkeling maupun diving. Tak perlu repot membawa peralatan sendiri, disini juga terdapat tempat penyewaan peralatan snorkeling maupun diving. Untuk penyuka diving, gunung berapi bawah laut menjadi spot utama yang wajib di kunjungi.

Tak jauh dari pantai Iboih, ada juga pantai Gapang yang tak kalah indahnya. Nuasa yang tenang menjadi khas tersendiri dari objek wisata ini, sehingga pantai Gapang sangat cocok dijadikan tempat untuk rileks dan jauh dari hingar bingar.

Untuk menuju ke Sabang, transportasi laut menjadi pilihan utama. Ada dua jenis angkutan laut untuk menuju sabang yaitu kapal cepat yang hanya memerlukan waktu 45 menit untuk sampai ke Sabang. Dan ada satu lagi kapal yaitu KMP yang membutuhkan sekit 2 jam untuk sampai ke dermaga Balohan dari ulee Lheu.
Untuk urusan penginapan, disepanjang pantai Iboih dan Gapang banyak tersedia homestay yang menjadi tempat untuk merehatkat diri bagi para wisatawan. Selain menginap di pinggir pantai, di Kota Sabang juga banyak tersedia penginapan penginapan yang bisa di gunakan saat berkunjung ke sabang.

Pulau Komodo
(sumber gambar : pemburuombak.com)

Reptil raksasa satu ini sudah dinobatkan menjadi salah satu keajaiban dunia. Tempat hidup yang hanya di Pulau Komodo membuat pulau ini menjadi salah satu objek wisata yang menarik.
Di pulau yang terletak antara pulau Sumbawa dan pulau Floser inilah beribu ribu komodo hidup dan berkembang biak.

Komodo termasuk.kedalam salah satu hewan predator, namum hewan ini bukan lah predator yang aktif. Untuk para  pengunjung tak perlu risau, setiap pengunjung akan ditemani dan diarahkan jalurnya oleh para jagawana atau sebutan pawang untuk masyarakat setempat.

Tidak hanya komodo, di pulau ini para wisatawan juga dapat menikmati indahnya pantai dengan hamparan pasir pink nan elok yang dihiasi dengan batu karang. Dan alam bawah lautnya pun menyimpan indahnya pesona terumbu karang. 385 spesies terumbu karang dan hiasan rumput laut serta 70 macam bunga karang dengan beragam spesies ikan siap menyambut para penikmat pesona bawah laut pulau Komodo ini. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

5 Makhluk ALLAH Yang Ada Di Dunia Tampa Induk (Ayah/Ibu)

Setelah ALLAH Tenggelamkan Seisi Dunia, Inilah Penduduk Pertama Kota Mekkah

WASPADA!! Pencuri Di Bulan Ramadhan