4 manfaat buah yang melegenda



Buah kurma adalah buah manis kering yang banyak disukai oleh masyarakat dunia. Buah yang kaya manfaat ini pada umumnya tumbuh di daerah padang pasir dengan iklim yang panas seperti dareah Timur Tengah. Buah kurma juga dikenal dengan buah sejuta manfaat, dengan kandungan vitamin dan serat yang tinggi menjadikan buah ini sangat baik untuk di konsumsi.

Kurma mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin B kompleks yang merupakan kandungan vitamin terbesar khususnya vitamin B 6. Vitamin B bermanfaat untuk membantu metabolism makanan dalam tubuh serta untuk pembentukan sel sel baru tubuh. Selain kaya akan vitamin B, buah kurma juga kaya akan vitamin A dan K. Jumlah mineral yang terkandung dalam buah kering ini sangat baik, dengan jumlah kalium yang mempati posisi teratas, magnesium , fosfor, kalium, zat besi dan seng.

Walaupun rasanya manis, namun buah kurma tidak menaikkan gula darah. Berdasarkan hasil studi Nutrition Journal pada mai 2011 tentang konsumsi kurma pada penderita diabetes. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurma miliki gula alami dengan indeks glikemik yang rendah dan tidak meningkatkan gul darah secara signifikan. Namun, konsumsi buah kurma untuk pendirita diabetes tentu saja harus dibagah pengawasan ahlinya.

Inilah sejumlah manfaat buah kurma yan perlu kita ketahui:

1.       Menyeimbangkan zat besi pada penderita anemia
Buah kurma yang tinggi akan zat besi dapat menyeimbangkan kekurangan zat besi pada penderita anenmia dan juga menjadi suplemen diet yang baik dan akan meningkatkan energy.

2.       Baik untuk ibu hamil
Kurma memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, sehingga dapat memberikan asupan nutrisi yang baik untuk bayi. Buah kurma juga sering kali digunakan untuk mengontrol berat badan yang menjadi masalah ibu hamil, kurma menjadi pengontrol porsi makan dan akan mengurangi rasa lapar.

3.       Mengurangi resiko sakit jantung
Sebuah studi dari Journal of Agricultural and food chemistry yang di terbitkan pada bulan September 2009 menjelaskan bahwa kurma dapat menurunkan trigilserida dalam darah hingga 15 persen (8%-15%). Dengan menurunnya trigilserida dalam darah, maka resiko pengerasan pembuluh darah, sakit jantung , dan stoke akan menurun.

4.       Menurunkan kolestrol
Kurma adalah buah yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, satu biji kurma memiliki 1,6 g serat atau setara dengan 6 persen dari asupan harian kita. Serat bermanfaat untuk menurunkan kolestrol, mengurangi resiko sakt jantung dan mencegah obesitas. Serat dalam buah kurma juga merupakan serat larut (Critical Reviews in Food Science and Nutrition edisi 2008) yang berkasiat mengikat lemak dan kolestrol serta membawanya keluar dari dalam tubuh kita

Comments

Popular posts from this blog

5 Makhluk ALLAH Yang Ada Di Dunia Tampa Induk (Ayah/Ibu)

Setelah ALLAH Tenggelamkan Seisi Dunia, Inilah Penduduk Pertama Kota Mekkah

WASPADA!! Pencuri Di Bulan Ramadhan