Tips memilih kampus yang cocok buat kamu kuliah

Bagi kamu yang baru saja lulus sekolah menengah dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas pasti lagi memikirkan kampus mana yang akan menjadi tujuan kamu menimba ilmu. Banyak kampus yang menawarkan fasilitas yang lengkap dan mutu pendidikan yang baik.  Saran dan masukan dari orang terdekat bisa menjadi sebuah masukan yang patut dipertimbangkan. Namun pilihan kampus yang salah akan menghambat pendidikan yang akan kamu jalani. Berikut akan kita bahas tips memilih kampus yang cocok buat kamu

Tentukan disiplin ilmu yang akan kamu pelajari.

Ilmu yang kita pelajari di universitas sangat terfokus pada suatu bidang ilmu, contohnya Fakultas Ekonomi, maka ilmu yang kamu pelajari berfokus pada ilmu ekonomi dan akan dibagi lagi menjadi beberapa jurusan ilmu ekonomi dalam fakultas tersebut. Namun tidak semata matakuliah ekonomi yang kita pelajari, ada matakuliah yang lain yang menjadi penunjang ilmu ekonomi itu sendiri.

Bidang ilmu yang kita tekuni juga akan berpengaruh sangat besar terhadap lapangan kerja nanti. Suatu perusahaan pada umumnya membuka lapangan kerja berdasarkan jurusan/fakultas dari universitas. Jadi tentukan pilihan kamu berdasarkan lapangan kerja yang kamu inginkan nanti.

Pilihlah kampus dengan fasilitas kampus yang baik.

Fasilitas kampus yang baik juga menjadi pertimbangan dalam memilih kampus untuk kuliah. Fasilitas kampus menjadi salah satu faktor pendukung kelancaran perkuliahan. Bayangkan jika kamu kuliah di Fakultas Teknik namun tidak memiliki Laboratorium, ilmu yang telah kamu pelajari di ruangan tidak bisa kamu coba pada laboratorium, hasilnya pasti kurang maksimal.


Pilihlah kampus yang terakreditasi

Wawasan yang luas dan pemahaman akan suatu bidang ilmu adalah tujuan utama dari perkuliahan. Namun, akreditasi dari sebuah universitas juga mempunyai pengaruh saat kamu menawarkan diri untuk bekerja di sebuah perusahaan kelak. Kampus dengan akreditasi yang baik tentunya banyak melahirkan lulusan lulusan yang baik pula, walaupun belum tentu lulusan dari kampus ternama mempunyai pengetahuan yang baik dibidang ilmunya.


Biaya kuliah yang murah.

Lagi lagi pada biaya. Kuliah di sebuah universitas tentunya akan menghabiskan banyak biaya. Mulai dari iuran semester yang kian melambung tinggi, biaya hidup diluar kota buat kamu yang kuliah diluar kota, buku dan masih banyak lagi biaya biaya yang tidak terduga yang akan kita keluarkan. Faktor biaya ini menjadi faktor yang mendasar dalam menjalani perkuliahan. Pilihlah kampus yang sesuai dengan budget yang akan kita keluarkan. Namun kamu tidak perlu berkecil hati, biaya kuliah kamu bisa di bantu dengan adanya beasiswa dari kampus atau dari pihak lain. Selain dari beasiswa, kamu juga bisa bekerja paruh waktu sambil melanjutkan kuliah kamu.


Jadi sebelum kamu ikut seleksi universitas, perhatikanlah empat hal diatas agar tidak salah memilih kampus untuk kamu kuliah.

Comments

  1. nice info :)

    Baca juga, Tips lulus SBMPTN:
    http://secretdailytips.blogspot.co.id/2017/01/tips-lulus-sbmptn.html?m=1

    Thank you

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

5 Makhluk ALLAH Yang Ada Di Dunia Tampa Induk (Ayah/Ibu)

Setelah ALLAH Tenggelamkan Seisi Dunia, Inilah Penduduk Pertama Kota Mekkah

Waktu Terjadinya Lailatul Qadar, Kelebihan Dan Ciri Cirinya