7 Gedung Tertinggi di Dunia Versi 2016

Gedung pencakar langit bukanlah menjadi hal yang aneh lagi, banyak gedung pencakar langit di dunia yang berdiri  menjulang menembus angkasa.  Kemajuan ilmu pengetahuan menghasikan pemikiran pemikiran cerdas dalam menghasilkan kreasi kreasi khusunya teknik arsitektir bangunan yang melahirkan gedung gedung pencakar langit dunia. Banyak perbedaan pendapat tentang untuk menentukan pengukuran ketinggian gedung.

Berikut adalah daftar tujuh gedung tertinggi di dunia

7. Sanghai World Finance Center

Sanghai World Finance Center merupakan gedung pencakar langit yang menjulang tinggi di Sanghai. Gedung ini merupakan gedung yang terdiri dari mall, perkantoran, hotel ruang konferensi dan dek pengamatan. Gedung ini selesai dibangun pada tahun 2008 dengan tinggi 492 m dengan 101 lantai .
Data gedung :
Gedung                : Sanghai World Finance Center
Lokasi                    : Sanghai, China
Tinggi                    : 492 m

Lantai                    : 101

sumber timesofoman.com


6. Taipe 101

Gedung yang dimulai pembangunannya pada pada tahun 1997 memiliki tinggi 509 m dengan 101 lantai. Bangunan yang mengadopsi bambu ini mepunyai keunggulan yaitu fiber optic dan hubungan internet satelit yang bisa mencapai kecepatan 1 GB/S . Selain itu pada gedung ini juga terdapat dua lift tercepat di dunia dengan kecepatan 1.010 m/menit atau 63 km/jam, sehingga para pengunjung bisa mencapai lantai 89 dalam waktu 39 detik dari lantai dasar. Pada pembangunan gedung Taipe 101 juga disemartkan semuah penyeimbang dedung dengan berat 800 ton yang berfungsi menyeimbangkan gedung terhadap goyangan akibat angin topan, gempa bumi, maupun gaya geser dari angin.
Data gedung :
Gedung                   : taipe 101
Lokasi                     : Taipe, Taiwan
Tinggi                     : 509 m
Lantai                      : 101
Siap di bangun        : 2004


sumber lonelyplanet.com


5. CTF Finance Center

Gedung pencakarlangit yang berlokasikan di Negara China ini rampung pada tahun 2016 ini setelah enam tahun mengalama masa konstruksi. China Chow Tai Fook Center berdiri di Guangzhou menghadap sungai Pearl yang berada di jantung kota. Bangunan dengan 111 lantai ini tercatat sebagai gedung pencakar langit dengan waktu pengerjaan pembangunan tercepat dalam sejarah modern.
Data gedung :
Gedung                : CTF Finance Center
Lokasi                    : Guangzhou, China
Tinggi                    : 530 m
Lantai                    : 111
Siap di bangun   : 2016

sumber som.com


4.One World Trade Center

One World Trade Center atau lebih dikenal dengan nama 1WTC merupakan bangunan utama World Trade Center yang berlokasi di Lower Mahattan, New York. Bangunan yang menelan biaya 3,9 miliar dolar ini selesai dibangun pada April 2014 dengan tinggi 541,3 m.

Data gedung :
Gedung                : One World Trade Center
Lokasi                    : New York, USA
Tinggi                    : 541,3 m
Lantai                    : 104
Siap di bangun   : 2014





3. Abraj Al-Bait Clock Tower

Berlokasikan di seberang Masjidil Harram, komplek Abraj Al-Bait dibangun untuk menampung para jamaah yang melaksanakan ibadah Haji dan Umrah. Bangunan yang dibangun oleh Saudi Binladin Group ini selasai di bangun pada 2012 sila. Banguna yang mampu menampung 10.000 orang dengan tinggi bangunan 601 meter mempunyai 120 lantai. Pada bangunan ini terdapat jam pada setiap sisi, yang mempunyai panjang dan lebar 80 m. Keempat jam tersebut berada pada ketinggian 530 m, sehingga jam tersebut menjadi jam tertinggi di dunia.

Data gedung :
Gedung                : Abraj Al-Bait Clock Tower
Lokasi                    : Mekah, Arab Saudi
Tinggi                    : 601 m
Lantai                    : 120
Siap di bangun   : 2012

sumber sandiari.com


2. Sanghai Tower

Sanghai Central Tower adalah sebuah gedung pencakar langit yang menjulang tinggi diangkasa. Gedung yang telah rampung pada 2014 silam ini berdiri setinggi 632 meter dengan 121 lantai. Gedung yang dirancang oleh Gensler ini menjadi gedung tertinggi di China.  Untuk menyerap energy kenetik, gedung ini menggunakan konstruksi serat baja yang saling berhubungan. Dalam membangun gedung ini, para arsitek dan insunyur menggunakan sebuah rancangan yang meraka sebut sebagai magnit sebagi peredam. Terdapat 125 magnit yang menutupi sebuah silider yang berisikan 1km kabel tembaga. Sehingga, saat gedung bergoyang system penyeimbang tersebut yang mempunyai berat 1000 ton akan menyeimbangkan gedung. Rancangan tersebut tidak menggunakan system control aktif, semua bekerja dengan menerapkan hokum hukum fisika.

Data gedung :
Gedung                  : Sanghai Tower
Lokasi                    : Sanghai, China
Tinggi                    : 632 m
Lantai                    : 121
Siap                       : 2015

sumber gansler.com

1. Burj Khalifa

Burj Khalifa merupakan gedung tertinggi di dunia yang telah rampung dibuat. Gedung yang resmi di buka pada 4 Januari 2010 ini memiliki ketinggian 828 m atau 2.717 ft. Gedung ini dibangun dengan nama Burj Dubai pada tahun 2004 dan sempat mengalami krisi pada tahun 2007. Namun Khalifa bin Zayed Al Nahayan bersedia menginvestasikan dananya untuk penyelesaian pembangunan gedung ini. Untuk menghormatinya, Burj Dubai berganti nama menjadi Burj Khalifa
Data gedung :
Gedung                  : Burj Khalifa
Lokasi                    : Dubai, UEA
Tinggi                     : 828 m
Lantai                     : 163
Siap di bangun       : 2010

sumber luluxurylaunhes.com


Comments

Popular posts from this blog

5 Makhluk ALLAH Yang Ada Di Dunia Tampa Induk (Ayah/Ibu)

Setelah ALLAH Tenggelamkan Seisi Dunia, Inilah Penduduk Pertama Kota Mekkah

Waktu Terjadinya Lailatul Qadar, Kelebihan Dan Ciri Cirinya