4 Persipan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan dalam penanggalan Hijriah, bulan yang merupakan bulan ke Sembilan ini diisi dengan melaksanakn ibadah puasa bagi kaum muslimin. Ramadhan adalah bulan dimana kaum muslimin berbahagia, karena didalamnya banyak terdapat rahmat ALLAH. Kebahagiaan menyambut ramadhan merupakan salah satubukti keimanan seorang hamba kepada ALLAH. Kesiapan dan persiapan seorang umat adalah hal yang sepatutnya dilakukan sebagai mana menyambut sesuatu yang istimewa, begitu juga dengan menyambut Ramadhan. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. 


Hati yang bahagia

Hati kita akan sangat bahagia jika kita akan bertemu atau berjumpa atau mendapatkan sesuatu yang istimewa. Begitu juga dengan bulan ramadhan, yang telah lama diidam idamkan oleh kaum muslimin sebagai sarana untuk melipat gandankan nilai ibadah. Perhitungan nilai ibadah dalam bulan ramadhan sangatlah berbeda dengan bulan yang lain, banyak sekali balasan yang ALLAH berikan bagi ummat NYA yang bertakwa. Selain itu ALLAH juga menurunkan rahmat, margfirah dan itkumminannar(pembebsan dari api neraka) dalam tiap sepulah hari Ramadhan.

Kebahagiaan kita pasti datangnya dari hati, karena hati merupakan komponen pembangkit kegembiraan dalam organ manusia. Marilah kita menyembut bulan Suci Ramadhan  
dengan hati yang ikhlas dan Insyaallah hati yang bahagia tersebut bisa mengantarkan seorang muslim terhindar dari api neraka. Sebuah hadits (dalam kitab  Durrotun Nasihin) menerangkan

“Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka”.

Dalam hadist yang lain Rasulullah SAW bersabda

”Surga itu merindukan empat golongan manusia: orang yang membaca Al Quran, orang yang menjaga lidah, orang yang memberi makan mereka yang sedang kelaparan, dan orang yang berpuasa dalam bulan Ramadhan” (Raunaqul Majalis)

Dari keterangan diatas hati kita akan bergembira menyambut bulan yang penuh berkah tersebut.

Ilmu yang cukup

Ilmu merupakan landasa bagi kita untuk melakukan sesuatu, tidak akan sempurna perbutan kita jika kita tidak memiliki ilmu dalam dalam mengerjakannya. Begitu juga dalam mengerjakan ibadah dalam bulan suci ini, ilmu yang cukup akan membimbing seorang muslimin mengerjakan ibadah Ramadhannya dengan sempurna. Maka dari itu sebelum memasuki bulan suci Ramadhan kita bisa lebih meningkatkan/memperdalam ilmu yang sudah kita miliki tentang hakikat puasa, rukun puasa, yang membatalkan puasa, dan fadhilah fadhilah puasa dan ibadah lainnya. Dengan memperdalam ilmu tentang hal tersebut tentu saja akan menambah rasa keimanan kita dan membangkitkan semangat baru dalam beribadah kepada Sang Maha Pencipta 
Persipan fisik

Puasa merupakan sebuah perang, perang melawan hawa nafsu yang selalu menjerumuskan manusia ke arah kebatilan. Melalui puasa, hawa nafsu yang sudah melekat pada diri manusia bisa di tekan dan dilemahkan. Layaknya latihan sebelum perang, kesiapan fisik dalam menghadapi puasa sebulan penuh dalam bulan ramadhan bisa kita latih dengan membiasakan diri melaksanakan puasa puasa sunat pada bulan bulan sebelumnya yang akan berguna untuk memperkuat fisik dan metal kaum muslimin dalam menjalani kehidupan dunia.

Persiapan harta

Selain melakukan puasa, berbagai macam amal ibadah bisa kita kerjakan dalam bulan suci ini, pahala yang berlipat ganda yang ALLAH berikan dalam bulan Ramadhan bisa juga kita peroleh dengan memperbanyak infak dan sedekah.  Selain itu juga ada amalan yang lain yang hurus seorang muslim lakukan pada akhir Ramadhan, yaitu zakat fitrah yang merupakan kewajiban bagi semua insan yang wajib dikeluakan apabila seseorang bisa merasakan bulan Ramdhan dan bulan Syawwal. 

Semoga ALLAH SWT menerima amal ibadah kita 

Comments

Popular posts from this blog

5 Makhluk ALLAH Yang Ada Di Dunia Tampa Induk (Ayah/Ibu)

Setelah ALLAH Tenggelamkan Seisi Dunia, Inilah Penduduk Pertama Kota Mekkah

WASPADA!! Pencuri Di Bulan Ramadhan